contoh blog marketing yang perlu kamu ketahui untuk para pemula agar lebih cuan lagi saat menjalankan bisnis online

Halo guys kamu pasti pernah mendengar yang istilahnya blog marketing dan kegunaannya untuk apa dalam pemasaran online. Dimana seseorang bisa memasarkan suatu produk atau layanan jasa dengan menggunakan media blogging sebagai sarana utamanya. Didalam blogging, selain untuk membuat konten tapi juga bisa dijadikan sarana media untuk pemasaran online bagi kamu guys yang ingin berjualan di dunia internet. Karena hanya dengan menggunakan blog kamu bisa lebih cepat membuat toko online dan terus dapat langsung berjualan. Apalagi bagi kamu guys, yang hanya seorang diri dalam mengelola bisnis toko online tentu sudah pasti blogging merupakan media cocok untuk menduniakan usaha supaya lebih luas lagi.

Karena dalam era digital seperti sekarang ini, blog sudah menjadi salah satu alat yang sangat ampuh dan jituh untuk menghasilkan traffic tinggi terus meningkatkan brand awareness kamu guys. Hanya dengan sarana web blogging hal tersebut dapat dilakukan. Terus sebagai pemula juga tidak membingungkan ketika harus mengelolanya sendirian saja. Selain itu yang paling penting adalah hemat di kantong, bagi seorang pemula pastinya selalu mencari yang murah atau tidak terlalu mahal apalagi untuk kaum mendang-mending kalau bicara soal harga.

Dari kemudahan yang diberikan sehingga banyak perusahaan dan individu menggunakan blog marketing sebagai salah satu sarana strategi pemasaran mereka. Jadi kamu guys sebagai pemula dan menggunakan media blogging, sudah sangat cocok untuk langkah awal menjalankan bisnis online di dunia internet. Selain menjalankan kegiatan bisnis online terus masih tetap dapat menyalurkan hobi kamu guys dalam pembuatan konten di blog. Sangat asik bukan? :-)

Ini ada beberapa contoh bagaimana blog marketing dapat digunakan dalam strategi pemasaran. Agar kamu tidak bingung guys, jadi silahkan saja di simak point dibawah ini. Tapi sebelumnya kamu bisa menyiapkan makanan kecil sebagai cemilan supaya nanti ilmunya mudah menyerapnya.

Blog dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan

Dalam blog tersebut, kamu guys dapat menyajikan informasi terkait produk atau layanan yang lagi ditawarkan. Sebagai contohnya saja kamu lagi menjual makanan ternak hewan peliharaan. Terus jangan lupa cantungkan harganya setiap bungkusnya dan isinya berapa gram. Jadi konsumen kamu supaya tidak salah memesan produk yang dibelinya itu. Terus kamu sendiri juga tidak salah ketika packing produk pesanan tersebut. Hal ini terlihatnya sepele guys tapi sangat penting dalam keberlangsungan dari toko bisnis online kamu. Soalnya kalau kamu salah packing produk dan tidak sesuai dengan pemesanan tentu konsumen akan memberikan komentar kurang bagus, jadi jangan hal itu terjadi guys didalam bisnis online. Ini meskipun hal kecil tapi kerap diabaikan oleh pemilik bisnis online atau pengelola blog jualan.

Karena toko online sebenarnya hampir sama seperti bisnis di dunia nyata pada umumnya. Kalau konsumen membeli terus kurang sesuai dengan produk yang diinginkannya, mereka pasti tidak mungkin kembali lagi ke toko kamu guys. Seperti itu juga dengan jualan secara online kalau kamu menjual tidak sesuai dengan yang ada didalam blog, mereka tidak ingin kembali lagi. Tapi kalau merasa puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan tentu mereka akan dengan senang merekomendasikan toko kamu itu guys ke beberapa orang.

Selain itu kamu guys dapat menjelaskan manfaat, keunggulan dan juga cara pemakaian produk dari makanan ternak hewan peliharaan tersebut seperti apa. Jadi setiap orang yang membeli di tempat kamu guys merasa senang karena ada panduan cara penggunaan ketika akan memberikan makan ke hewan peliharaan mereka. Dari keterangan itulah mereka menjadi mengerti seberapa takaran yang harus diberikan ke hewan peliharaannya. Lalu keuntungan yang lainnya adalah akan mendapatkan promosi dengan gratis oleh pelanggan karena mereka merasa senang ketika membeli produk di tempat kamu guys pelayanannya bagus, panduan untuk memberikan makan hewan peliharaan juga lengkap dan sebagainya. Terus ketika membeli juga sesuai dengan pesanan produknya. Apalagi kalau kamu guys, sering memberikan promo setiap seminggu sekali misalnya pelanggan akan merasa senang dan yang awalnya tidak ingin membeli jadi akhirnya memesan juga. Hal itu disebabkan karena pelayanan dari toko blog jualan kamu guys sangat baik.

Dengan memberikan informasi komprehensif, blog bisa membantu kepada pelanggan dalam memahami produk yang mereka beli dari toko online kamu guys. Karena tersedianya keterangan cukup lengkap tentang kelebihan produk yang sedang dijual jadi sebelum mereka mengklik tombol beli sudah mengetahui keuntungannya apa. Pelanggan akan bertambah percaya produk yang dibelinya itu memang lagi diperlukan dan sesuai dengan kreterianya. Yang perlu kamu ingat guys, kalau di toko online antara penjual dan pembeli tidak saling ketemu jadi kejujuran serta memegang kepercayaan harus dijaga. Kamu sebagai pemilik bisnis online jangan mempunyai pemikiran seperti ini guys: tidak pernah ketemu sama orangnya terus semaunya.

Jadi guys, meskipun kamu sering memberikan promo dan harga yang murah dengan toko lainnya. Tapi kalau produk yang diterima oleh pelanggan kamu tidak sesuai seperti mereka pesan, sudah pasti tentu tidak akan kembali lagi. Berarti itu kamu akan kehilangan pendapatan dari konsumen.

Membangun pelanggan dengan blog pemasaran online

Didalam blog tersebut, kamu guys dapat membagikan cerita tentang pengalaman dan perkembangan bisnis yang sedang berjalan contohnya berbagi tips kiat khusus membangun toko online seperti apa. Supaya orang lain ketika ingin membuka toko online agar mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan. Tips atau kiat yang berguna seperti itu biasanya banyak dicari oleh orang-orang guys. Dan kamu jangan khawatir kalau akan tersaingi, ingat setiap manusia telah mempunyai rejekinya masing-masing sehingga tidak mungkin ketukar dengan orang lain. Saat membuat konten tentang tips bisnis online, itu berarti kamu telah membantu orang lain untuk memecahkan persoalannya dan lakukan hal tersebut dengan niat yang tulus serta ikhlas. Ingatlah guys, untuk membantu orang lain tidak harus dalam bentuk materi tapi bisa dengan cara berbagi tips atau pengetahuan yang berguna.

Jadi tidak selalu seputar tentang produk jualan kamu saja isi kontennya. Buatlah tips seperti diatas secara telatur dan dalam satu minggu cukup bikin dua atau tiga konten saja. Agar kamu punya visitor tetap yang akan terus membuka web blog bisnis online kamu guys. Misalnya setiap rabu, nanti mereka akan membuka blog jualan kamu itu guys dan kalau sudah dilakukan secara telatur kedepannya semisal ingin promosi lebih mudah. Dan kepercayaan dari visitor kamu guys juga semakin meningkat.

Dengan melalui media blogging kamu dapat menunjukan keahlian di bidang tersebut. Sebagai contohnya jualan makanan ternak hewan peliharaan, terus kamu sering membuat konten bagaimana caranya merawat bulu kucing agar terlihat mengkilat. Disitu kamu bisa memberikan tips dan triknya guys dari mulai langkah pertamanya harus bagaimana dan hingga tahap terakhir. Bagi mereka yang punya hobi serupa dengan kamu guys pasti akan selalu membuka blog tersebut.

Blog marketing juga dapat digunakan untuk meningkatkan kehadiran dari bisnis online

Dalam blog tersebut, dapat menggunakan cara teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk memastikan bahwa toko online kamu guys muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin telusur seperti Google. Tentu akan percuma saja kalau blog kamu itu tidak muncul di halaman pencarian seperti Google contohnya. Karena orang-orang akan banyak tahu dari mesin pencarian tersebut bukan melalui orang lain. Kalau mengharapkan dari orang lain untuk tahu blog kamu itu guys sangat lama dapat berkembangnya. Jadi harus menggunakan SEO (Search Engine Optimization) ini memang sulit tapi kamu tidak perlu belajar secara mendalam guys, cukup untuk memaksimalkan blog saja. Dan dalam pencarian keyword kamu dapat membayar orang yang biasa mencari kata kunci untuk web atau blog. nanti

Dengan posisi yang baik di mesin telusur, pelanggan akan lebih mudah menemukan dan mengakses blog. Lalu mereka akan menelusuri isi konten yang ada disana. Dari sekian banyak konten yang sudah kamu buat kemungkinan mereka tertarik dengan tips dan trik karena lagi membutuhkannya.

Selain itu guys ini juga akan membantu meningkatkan brand awareness bisnis kamu. Dimulai dari membaca tentang tips dan trik terus mereka melihat ada menu produk tidak menutup kemungkinan akan membelinya dilain kesempatan. Apalagi dari konten yang kamu buat itu terus mereka mempraktekannya dan ternyata berhasil contohnya seperti bulu kucing menjadi cerah atau mengkilat, semakin bertambah yaqin kalau toko online kamu itu guys benar-benar dapat dipercaya.

Ringkasan

Sebagai ringkasan dari konten ini ada beberapa saran untuk melaksanakan blog pemasaran online dengan baik, supaya jualan kamu semakin bertambah laris lagi guys. Tentunya blog marketing dimana telah dirintis dan dibangun dari nol akan membuahkan hasil sesuai apa yang kamu harapkan guys.

  1. Pertama kamu harus memiliki pemahaman yang baik tentang audiens terlebih dahulu guys.

  2. Langkah awal adalah harus tahu apa yang mereka cari dan kebutuhannya apa sehingga nantinya dapat menyediakan konten relevan dengan bisnis kamu guys, jadi tidak melenceng terlalu jauh dari toko jualan.

  3. Terus berikutnya harus memperhatikan kualitas konten

  4. Buat konten yang berguna serta memiliki nilai dan informatif akan menarik lebih banyak pembaca karena dari hasil mereka mengetahui tips kamu itu guys, ada kegunaannya. Selain itu agar dapat meningkatkan daya kepercayaan kepada audiens kamu guys, kalau barang yang dijual memang sesuai dengan deskripsinya.

  5. Langkah penting harus memperhatikan promosi blog

  6. Melalui media sosial dan jaringan digital lainnya untuk mempromosikan blog jualan kamu guys hal ini akan membantu memaksimalkan jangkauan konsumen lebih luas lagi. Terus dapat meningkatkan traffic kedalam blog jualan. Kalau pengunjungnya banyak tentu besar kemungkinan pembelian juga bagus.

Penutup

Dalam era digital seperti saat ini, blog marketing adalah strategi pemasaran yang sangat ampuh sebagai jurus unggulan dan efisien. Karena yang namanya bisnis perlu cepat untuk langkah awal, kalau terlalu banyak pertimbangan dan masih disibukan oleh hal lainnya seperti harus membuat dari ini terus sebagainya tidak jalan-jalan akan diam ditempat sehingga berujung keruwetan. Padahal saat ini era telah canggih, contohnya saja soal dunia blogging tidak seperti zaman dulu ketika aku mengenal atau pertama belajar di tahun 2009. Jadi sesuatu yang mudah seperti ini kenapa tidak digunakan dengan sebaik-baiknya sebagai sarana untuk mencari cuan. Sedangkan kalau dulu orang-orang untuk membeli produk online pembayarannya masih manual dan itu banyak pembelinya.

Dengan memaksimalkan penggunaan blog, kamu bisa lebih dapat meningkatkan brand awareness melalui dunia internet. Lalu selain itu mengetahui perilaku visitor saat didalam blog kamu itu guys, apa yang mereka minati. Dengan begitu kamu lebih dapat memaksimalkan blog sebagai sarana alat jualan di dunia online.

Dengan menggunakan blog marketing secara baik, dari situ diharapkan dapat mencapai tujuan pemasaran online sesuai keinginan agar para pelanggan lebih luas lagi jangkauannya dan meningkatkan kesuksesan bisnis kamu guys di dunia internet. Bagaimana sangat mudah bukan guys? untuk mengelola bisnis online dengan menggunakan blog marketing. Yang terpenting tetap terus berusaha kalau kamu ingin menekuni bisnis online guys dan selalu belajar. Karena dunia online seperti ini berkembangnya sangat cepat. Kalau misal kamu punya pekerjaan utama terus blogging dijadikan sebagai investasi untuk dimasa yang akan datang juga tidak papa guys lebih baik.