cara mudah untuk visitor mencari konten dengan menggunakan kotak pencarian bisa lebih cepat yang harus ada didalam web atau blog di era digital online

Dalam era digital saat ini, berbagai situs web dan platform telah menjadi sumber yang tidak terhitung jumlahnya dari informasi suatu konten berbeda banyak macamnya. Dalam upaya untuk membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari dengan cepat dan mudah ttentunya tidak perlu buang waktu. Website atau blog zaman sekarang telah memperkenalkan berbagai fitur pencarian dimana memudahkan pencarian konten yang tepat dan cepat hanya memasukan beberapa kata saja, nanti akan keluar. Salah satu fitur umum yang ditemukan di situs web saat ini adalah kotak pencarian. Yang memungkinkan pengunjung untuk mencari konten dengan cepat dan efisien. Tanpa mereka harus mencari satu per satu setiap konten yang ada didalam web atau blog kamu guys. Misalnya saja tentang bisnis online, kalau visitor kamu mengetikan di kotak pencarian di web atau blog nanti akan keluar konten tentang itu.


Pertama-tama, pengguna harus mengetahui dengan jelas apa yang mereka akan cari didalam web atau blog. Sebagai catatan, pada umumnya pengunjung web tidak tahu kalau media yang ada didepannya itu hanya membahas niche tertentu tapi mereka menyamakan seperti mesin pencarian Google. Tentu ini sesuatu hal yang sama tapi berbeda tempatnya. Dari itu sebelum menggunakan kotak pencarian, pastikan untuk membuat daftar kata kunci atau keywor terkait dengan topik yang ingin dicari misalnya soal bisnis online. Semakin spesifik kata kunci yang diketikan, tentu akan muncul hasil pencariannya sesuai keinginan. Contoh lagi misalnya saja jika kita mencari resep kue cokelat, pastikan mengetikkan kata kunci yang relevan seperti "resep kue cokelat lezat" atau "cara membuat kue cokelat yang mudah".


Kalau misalnya web atau blog yang ada didepan kamu itu guys hanya membahas niche lain bukan tentang resep masakan, jangan mencari selain itu pasti tidak akan pernah ketemu. Tapi kalau kamu mencarinya di kotak pencarian Google misalnya pasti akan ketemu. Karena kalau di mesin pencarian raksasa seperti Google, banyak orang membuat konten tersebut.


Terus visitor dapat menemukan kotak pencarian yang biasanya terletak di bagian atas atau tengah situs web. Kotak pencarian sering kali memiliki tampilan yang mudah dan jelas soalnya supaya mudah diakses. Dengan teks seperti "Cari" atau "Masukkan kata kunci disini ". Setelah menemukan kotak pencarian yang diinginkan, pengunjung web dapat mengklik atau mengkursor ke kotak tersebut untuk memulai pencarian.


Langkah berikutnya visitor dapat memasukkan kata kunci atau keyword yang telah dikumpulkan sebelumnya ke dalam kotak pencarian. Penting untuk memeriksa ejaan kata dengan cermat untuk memastikan akurasi hasil pencarian. Misalnya saja jika visitor mencari "cara memasak nasi goreng". Pastikan untuk menulis "nasi goreng". Dengan benar dan bukan "nasi goring". Ejaan yang salah pasti tidak akan ada hasil. Karena sebagian besar dari visitor kurang mengerti hal ini, jadi sebelum mengklik enter diperiksa terlebih dahulu jangan buru-buru menyalahkan web atau blognya.


Setelah kata kunci dimasukkan, pengunjung web  dapat menekan tombol "Enter" di keyboard atau mengklik tombol "Cari" di sebelah kotak pencarian. Hal ini akan mengirimkan permintaan pencarian ke mesin pencari di balik situs web. Dimana akan memproses permintaan tersebut dan menghasilkan hasil yang relevan. Kalau dari ejaan sudah benar dan tidak ada hasil berarti di web atau blog tersebut memang belum dibuatkan kontennya.


Pada halaman hasil pencarian, visitor kamu guys  akan melihat daftar konten relevan sesuai keyword dengan kata kunci yang diketikannya. Biasanya hasil pencarian akan ditampilkan dalam urutan relevansi yang masih mirip. Dengan konten terbaik dan paling relevan ditampilkan di bagian atas. Pengunjung dapat melihat judul dan deskripsi singkat dari setiap hasil pencarian untuk memutuskan konten mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Nanti kalau misalnya sudah sesuai lakukan tekan enter di link judul.


Selain itu beberapa situs web juga menawarkan fitur pencarian lanjutan yang memungkinkan pengguna untuk menyaring hasil pencarian berdasarkan kriteria tertentu. Sebagai contohnya visitor dapat memilih untuk menyortir hasil pencarian berdasarkan tanggal, tahun, bulan, katagori atau relevansi. Ini sangat membantu para pengunjung mempersempit dan memfokuskan hasil pencarian mereka untuk menemukan yang mereka butuhkan dengan cepat. Tapi tidak semua web atau blog menyediakan seperti itu, namun ada beberapa sudah mentrapkan.


Dapat disimpulkan kotak pencarian adalah alat sangat berguna untuk membantu visitor web atau blog  menemukan konten di dunia digital yang luas ini. Dengan benar menggunakan kata kunci yang relevan dan memahami cara kerja mesin pencari. Visitor mendapatkan kemudahan saat mencari konten dengan kotak pencarian ini tanpa harus melakukan satu per satu menelusuri. Terus menemukan apa yang mereka cari dengan cepat dan efisien.


Jadi tidak perlu lagi harus buang-buang waktu untuk mencari konten didalam web atau blog kamu guys. Kalau isi web atau blog sekitar 30 - 100 konten tentu tidak perlu waktu lama untuk menelusurinya. Tapi kalau sudah 100 lebih akan melelahkan juga. Jadi kotak pencarian ini kegunaannya adalah memberikan kemudahan untuk pengunjung web kamu guys suapaya mereka bisa lebih cepat lagi. Sangat simple dan mudah bukan? Jadi setelah kalian mengetahui kegunaan kotak pencarian di web atau blog, gunakan untuk mencari konten yang memang diminati. Dan cari sesuai dengan niche web atau blog tersebut jangan diluar itu guys. Nanti tidak ketemu apa yang kalian cari.